Kamis, 18 Oktober 2018

Gelombang Radio

Pengertian Gelombang Radio 


   Gelombang Radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam Frekuensi Radio (RF; "radio frequency") pada suatu Spektrum dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.

Sumber:


Frekuensi Dan Panjang Gelombang

Frekuensi

Frekuensi (f) merupakan jumlah getaran yang terjadi dalam waktu satu detik, atau banyaknya gelombang/getaran listrik yang dihasilkan tiap detik (diukur dalam satuan Hertz(Hz).

Dalam membahas frekuensi, tidak akan lepas dari  istilah periode. Periode merupakan lama waktu yang ditempuh untuk melakukan satu getaran sempurna suatu gelombang listrik. Periode getaran adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu kali getaran penuh.

Hubungan antara frekuensi dengan periode adalah berbanding terbalik, artinya semakin besar frekuensi, maka periode akan semakin kecil. Sebaliknya, semakin kecil frekuensi maka semakin besar pula periode yang dibutuhkan.



Jenis frekuensi yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu frekuensi audio dan frekuensi radio.


Frekuensi Audio atau frekuensi suara adalah suatu getaran frekuensi yang dapat didengar oleh telinga manusia, dengan standar getaran 20 sampai dengan  20.000 Hertz

Frekuensi Radio adalah salah satu jenis gelombang yang mengacu pada spectrum elektromagnetik yang bisa dihasilkan oleh pemberian arus bolak-balik ke sebuah antena

Panjang Gelombang
Panjang gelombang (lambda, λ) adalah jarak yang di ukur dari satu titik sebuah gelombang ke titik yang sama di gelombang selanjutnya. Misalnya, dari puncak gelombang yang satu ke puncak gelombang yang selanjutnya.
Panjang gelombang adalah panjang dari satu siklus gelombang  yang memancar di ruang udara, atau jarak gelombang perjalanan selama satu periode.Panjang gelombang diukur dalam satuan meter.

Gelombang berdasarkan mediumnya dibedakan menjadi 2 macam:
  • Gelombang mekanik yaitu gelombang yang dalam perambatannya membutuhkan medium. Contoh gelombang mekanik adalah gelombang bunyi. 
  • Gelombang elektromagnetik yaitu gelombang yang dalam perambatannya tidak membutuhkan medium. Contoh gelombang elekromagnetik adalah gelombang cahaya.

Gelombang berdasarkan arah rambatnya dibedakan menjadi 2 macam
  • Gelombang Longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya. Contohnya adalah gelombang bunyi.
  • Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Contohnya gelombang cahaya.
Besaran dalam gelombang hampir sama dengan besaran dalam getaran. Besarannya adalah sebagai berikut ini:
  • Periode (T) adalah banyaknya waktu yang diperlukan untuk satu gelombang.
  • Frekuensi (f) adalah banyaknya gelombang yang terjadi dalam waktu 1 sekon.
  • Amplitudo (a) adalah simpangan maksimum suatu gelombang.
  • Cepat rambat (v) adalah besarnya jarak yang ditempuh gelombang tiap satuan waktu.
  • Panjang gelombang (λ) adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam 1 periode. Atau besarnya jarak satu bukit satu lembah.
Sumber:
 http://tracknology.blogspot.com/2015/11/frekuensi-dan-panjang-gelombang.html

Teknik Pemodulasian AM,FM
Teknik Modulasi Analog

Pengertian Modulasi
Modulasi adalah proses pencampuran sinyal berfrekuensi tinggi dan sinyal berfrekuensi rendah, dimana dengan menggunakan dua karakteristik sinyal yang berbeda modulasi dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal informasi pada daerah yang luas atau jauh.

Tujuan Modulasi
  • Transmisi menjadi efisien atau memudahkan pemancaran
  • Masalah perangkat keras menjadi lebih mudah
  • Menekan derau atau interferensi
  • Untuk memudahkan pengaturan alokasi frekuensi radio
  • Untuk multiplexing, yaitu proses penggabungan beberapa sinyal informasi untuk disalurkan secara bersama-sama melalui satu kanal transmisi


Fungsi Modulasi

Sinyal informasi biasanya memiliki spectrum yang rendah dan rentan untuk terganggu oleh noise. Sedangkan pada transmisi dibutuhkan sinyal yang memiliki spectrum tinggi dan dibutuhkan modulasi untuk memindahkan posisi spectrum dari sinyal data, dari pita spectrum yang rendah ke spectrum yagn jauh lebih tinggi. Hal ini dilakukan pada transmisi data tanpa kabel (dengan antenna), dengan membesarnya data frekuensi yang dikirim maka dimensi antenna yang digunakan akan mengecil

Bentuk modulasi analog diantaranya:


  • Amplitude Modulation (AM)
Dalam Amplitude Modulation (AM) gelombang pembawa dimodulasi oleh sinyal informasi, sehingga amplitudo gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) sinyal informasi. Dengan kata lain AM adalah modulasi dimana amplitude dari sinyal pembawa (carrier) berubah karakteristiknya sesuai dengan amplitude sinyal informasi. Modulasi ini juga disebut linear modulation, yang artinya bahwa pergeseran frekuensi bersifat linear mengikuti sinyal informasi yang ditransmisikan

Dibawah ini adalah Output Bentuk Gelombang Amplitude Modulation (AM)





  • Frequency Modulation (FM)
Dalam Frequency Modulation (FM) gelombang pembawa dimodulasi oleh gelombang sinyal, sehingga frekuensi gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) gelombang sinyal. Dengan kata lain FM adalah salah satu cara memodifikasi /merubah sinyal sehingga memungkinkan untuk membawa dan mentransmisikan informasi ke tempat tujuan. Frekuensi dari sinyal pembawa (carrier) berubah-ubah menurut besarnya amplitude dari sinyal informasi.

Dibawah adalah bentuk gelombang Frequency Modulation (FM)






Sumber:


Teknik Pemodulasian Psk,Fsk

1. Phase Modulation (PM)
Merupakan bentuk modulasi yang merepresentasikan informasi sebagai variasi fase dari sinyal pembawa. 
Cara Kerja Phase Modulation (PM)
PM menggunakan perbedaan sudut fase dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital. Pada cara modulasi ini amplitude dan frekuensinya tetap, sedangkan fase-nya berubah.
Cara modulasi PM yang paling baik tetapi kompleks. PM ini digunakan dalam pengiriman data dalam jumlah yang banyak dan kecepata yang tinggi.
Kelebihan Phase Modulation (PM)
Potensi noise (gangguan atmosfir) lebih kecil
Kelemahan Phase Modulation (PM)
Bentuk modulasi rumit dibandingkan dengan AM



 2. Frekuensi Shift Keying (FSK)

Frequency Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metode ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Dalam proses modulasi ini besarnya frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidak adanya sinyal informasi digital. Dalam proses ini gelombang pembawa digeser ke atas dan ke bawah untuk memperoleh bit 1 dan bit 0. Kondisi ini masing-masing disebut space dan mark.
  Blok diagram pemancar

  Blok diagram penerima

Sumber:


Pemodulasian PSK,CDMA


Phase Shift Keying (PSK) atau pengiriman sinyal melalui pergeseran fase : Merupakan suatu bentuk modulasi fase yang memungkinkan fungsi pemodulasi fase gelombang termodulasi di antara nilai-nilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam proses modulasi ini fase dari frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai denganperubahan status sinyal informasi digital. Sudut fase harus mempunyai acuan kepada pemancar dan penerima. Jenis modulasi PSK yang sering kita jumpai yaitu :

·  BPSK  adalah format yang paling sederhana dari PSK. Menggunakan dua yang tahap yang dipisahkan sebesar 180° dan sering juga disebut 2PSK. Bentuk modulasi ini hanya mampu memodulasi 1 bit/simbol dan dengan demikian maka modulasi ini tidak cocok untuk aplikasi datarate yang tinggi dimana bandwidthnya dibatasi.

·  QPSK dikenal sebagai quarternary atau quadriphase PSK atau 4PSK, yang menggunakan empat titik pada diagram konstilasi, terletak di sekitar suatu lingkaran. Dengan empat tahap, QPSK dapat mendekode dua bit per simbol. Hal ini berarti dua kali dari BPSK.



   Code Division Multiple Access (CDMA) adalah teknologi terbaru untuk multiple access. CDMA tidak membagi sekumpulan frekuensi yang digunakan menjadi beberapa kanal. CDMA memberikan kode unikuntuk setiap sinyal dan kemudian mengkombinasikan semua sinyal menjadi satu kanal besar. CDMA dikenal sebagai teknologi wireless phone 3G oleh karena sangat efisien dalam pemakaian bandwidth dan juga sangat rahasia oleh karena komunikasi di enkodekan secara unik.

Sumber:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar